Laporan Akhir 2




1. Jurnal
[Kembali]








2. Alat dan Bahan [Kembali]

Module D'Lorenzo


Jumper


    1. Panel DL 2203C. 
    2. Panel DL 2203D. 
    3. Panel DL 2203S. 
    4. Jumper.



3. Rangkaian [Kembali]





4. Prinsip Kerja [Kembali]

prinsip yang digunakan adalah multivibrator monostabil yang mana hanya ada satu kondisi stabil

5. Video Percobaan [Kembali]


6. Analisis [Kembali]

a. Jelaskan pengaruh resistor dan kapasitor pada percobaan 3

resistor dan kapasitor berpengaruh terhadap lamanya waktu perpindahan led pada keadaan tidak stabil ke keadaan stabil. semakin besar resistor dan kapasitor maka semakin lama waktu yang dibutuhkan menuju ke keadaan stabil. dan semakin kecil nilai resistor dan kapasitor maka semakin sedikit waktu yang butuhkan untuk menuju ke keadaan stabil, hal ini dikarenakan proses charging yang dilakukan pada kapasitor. semakin besar kapasitor maka semakin lama waktu charging semakin besar resistor semakin kecil arus ke kapasitor dan semakin lama waktu charging dilakukan.

b. Analisa dan bandingkan hasil jurnal yang didapatkan di praktikum dengan hasil jurnal perhitungan, cari persentase errornya

dari hasil yang diperoleh pada saat praktikum dibandingkan nilai yang di dapatkan dari hasil perhitugan maka didapatkan hasil yang cukup jauh berbeda, dimana hasil perhitungan lebih lama daripada hasil yang di dapatkan saat praktikum.

untuk mencari persentase erornya bisa menggunkan rumus :

%error = | hasil praktikum - hasil perhitungan | / hasil perhitungan x 100%

dari perhitungan maka di dapatkan rata-rata memiliki error sebesar >50%




7. Download [Kembali]

Download Html [klik]
Download video praktikum [klik]
Download file rangkaian [klik]
Download datasheet resistor [klik]
Download datasheet kapasitor [klik]
Download datasheet potensiometer [klik]
Download datasheet dioda [klik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DISPENSER OTOMATIS

DISPENSER OTOMATIS   1. Tujuan mengetahui fungsi komponen-komponen yang digunakan. memahami prinsip kerja dari sensor PIR, sensor infrared ,...